Definisi Stroke



   stroke merupakan reaksi fungsi otak yang mengalami kerusakan yang terjadi sangat cepat dan tiba-tiba berlangsung lebih dari 24 jam karena suplai darah ke otak terhambat.jaringan otak yang megalami gangguan aliran darah dapat menyebabkan gejolak biokimia yang mampu merusak sel otak sehingga tidak mampu berfungsi dengan baik. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu .seperti yang diketahui ,otak merupakan system pusat yang mengendalikan seluruh gerakan bagian tubuh manusia namun juga ,ingatan ,suasana hati,emosi bahkan dorongan seksual .selama masih hidup otak secara terus menerus menerima rangsangan ,mengolah,dan menyimpan informasi dalam bentuk memori.
     Gangguan aliran darah ke otak merupakan masalah yang serius dan bisa berakibat fatal . Aliran darah ke otak pada dasarnya memasok nutrisi dan oksigen ke sel -sel saraf otak .jika aliran darah dan pasokan oksigen ke otak berjalan lancar, fungsi otak pun akan normal .otak membutuhkan darah segar sekitar 1/5 dari kebutuhan Seluruh organ tubuh lainnya .padahal berat otak hanya 1/40 dari berat tubuh . Tanpa nutrisi dan oksigen ,sel-sel otak akan mati .
    Stroke  memang bukan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus atau infeksi .Stroke juga tidak disebabkan oleh bibit penyakit. Oleh karena itu stroke bukan lah penyakit yang menular. Jadi anda tak perlu khawatir tertular penyakit stroke jika ada teman,saudara ,atau kerabat anda yang menderita penyakit stroke.
   Tapi anda juga patut waspada karena banyak orang yang beranggapan bahwa stroke hanya menyerang mereka yang sudah lansia saja , Eitss penyakit stroke juga dapat menyerang kaum muda juga lho . Di amerika setiap tahunnya orang berusia 30-44 tahun meninggal karena terserang Stroke . Dan merupakan penyebab kematian no.3 di amerika .Stroke merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Kalau pun berhasil diselamatkan penderitanya akan mengalami gangguan seperti lumpuh pada anggota tubuh ,hilang ingatan sampai kehilangan kemampuan dalam berbicara .
        

No comments:

Post a Comment